Thursday, January 27, 2011

iPhone 5 dan iPad 2 Mobile Payment


Setelah Google dikabarkan akan membenamkan teknologi mobile payment di smartphone Android. Apple pun dikabarkan akan menyusul.

Apple telah berencana untuk menyematkan fitur mobile payment dengan menggunakan chip Near Field Communication (NFC) yang akan diintegrasikan ke dalam perangkat iPhone 5 dan iPad 2.

Pernyataan ini dikemukakan Bloomberg News didasari komentar dari director of consulting firm Envisioneering Group, Richard Doherty. Menurut Doherty, kedua perangkat itu diharapkan akan diluncurkan tidak lama lagi. Paling tidak dalam kurun 3 bulan ke depan.

Salah satu kecanggihan yang ditawarkan oleh layanan mobile payment di perangkat Apple adalah kemampuan untuk menghubungkan jalur layanan pembayaran di handset dengan detil informasi tagihan (billing) yang disimpan di platform iTunes.

Dengan implementasi ini, Apple bisa mengambil sebagian 'kue' di pasar transaksi mobile payment yang bernilai sekira USD6,2 triliun per tahun, hanya di AS saja.

Pesaing terberat Apple, Google Android, juga telah mengimplementasikan chipset NFC, meski hardware yang mendukungnya masih terbatas saat ini. (Okezone/CellularNews)